Sudah Banyak yang sukses berkat Jejualan

Posted by : CABACA Senin, 18 Maret 2013

Bagaimanakah sebuah iklan yang baik itu?
Iklan yang bagus adalah iklan yang bisa mempengaruhi pembaca/pemirsanya untuk melakukan sesuatu seperti yang diminta oleh iklan tersebut. Caranya?
Manfaatkan sisi psikologis calon pembeli/pembaca iklan anda. Sedikitnya ada 4 hal yang harus di ‘sentuh’ dalam membuat iklan yang efektif, seperti:
1. Aspek Perhatian (Awareneess/Attention/Attraction)
2. Aspek Ketertarikan terhadap sesuatu (Interest)
3. Aspek keinginan emosional menggunakan testimoni (Desire)
4. Aspek “call to action”

contoh iklan jadul yang efektif
contoh iklan jadul yang efektif
Oke, mari kita bahas satu persatu:
 
1. Aspek Perhatian (Awareneess/Attention/Attraction)
Untuk menyentuh aspek ini, anda harus bisa membayangkan, mengira-ngira apa yang sekiranya menarik perhatian calon pelanggan. Masuklah ke dalam pikiran pelanggan dengan mencoba menyelesaikan persoalannya. Tawarkan solusi, jangan tawarkan masalah baru….
Bikinlah kalimat tanya yang mengejutkan, memberi jalan, memberi solusi, dan menunjukkan cara (how to) untuk mencapai apa yang pelanggan inginkan atau harapkan.
Contohnya:
“Sehatkah pemutih wajah yang sekarang anda gunakan?” ini lebih baik dari pada kalimat “Sabun Pemutih wajah baru”

2. Aspek Ketertarikan terhadap sesuatu (Interest)
Banyak iklan dan brosur yang saya temui mengabaikan aspek ini. Padahal pada aspek inilah kita berharap target kita bersedia meluangkan waktunya untuk membaca lebih detail iklan atau brosur kita. Oke, di aspek ini, mari kita bangun minat target dengan memberikan janji solusi atas masalah mereka. Penuhi harapan mereka dengan kalimat-kalimat yang menunjukkan seberapa bagusnya fitur dan keuntungan yang anda tawarkan pada mereka. Jelaskan sejelas-jelasnya keuntungan yang akan diperoleh jika memilih produk/jasa anda.

Contoh:
“Akan lebih putih 4 tingkat  secara alami setelah menggunakan sabun herbal Susu ini selama 3 minggu berturut-turut” bukan kalimat seperti ini Sabun herbal susu adalah pemutih alami”

3. Aspek keinginan emosional menggunakan testimoni (Desire)
Pada tahap ini, aspek emosional akan dibangun dengan memberikan data statistik yang menggugah, atau bahkan mencantumkan testimoni untuk membangun kepercayaan pada produk yang kita tawarkan. Ya, gunakan data statistik atau testimoni dari orang yang terkenal.
Contoh:
“Ini sabun herbal best seller, sudah terjual lebih dari 3 juta unit hanya dalam waktu 6 bulan sejak diluncurkan” atau “Jokowi saja menggunakan sabun herbal anggur untuk membantu dietnya sehari-hari”
bukan seperti ini “Ini sabun herbal best seller” atauSabun herbal anggur untuk membuat langsing”

4. Aspek “call to action”
Inilah aspek paling penting dari sebuah iklan. Call to action!
Bimbinglah target anda untuk melakukan apa yang anda inginkan. Gunakan kalimat-kalimat perintah untuk bertindak sekarang juga. Dan jangan lupa juga berikan batasan waktu atau diskon tertentu:
“Telepon sekarang……..” , “Kunjungi….” , “Dapatkan di…..” , “Pesan sekarang …..”
lalu batasan itu seperti “berlaku untuk 5 orang” , “Hanya hari ini” , “Harga naik tgl…” , “Stok terbatas, hanya 50 unit” dsb.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © TRIK TOKO ONLINE -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -