Sudah Banyak yang sukses berkat Jejualan

Posted by : CABACA Sabtu, 29 Juni 2013

Bagaimana cara mudah untuk membuat toko online WordPress? Sudah kami bahas step by stepnya di artikel kali ini. Sebenarnya untuk membuat sebuah toko online tidaklah terlalu sulit, sebab kini telah hadir beragam aplikasi pendukung yang dapat kita manfaatkan. Salah satunya adalah membua toko online pakai WordPress.
Inilah beberapa langkah-langkah yang sangat perlu Anda lakukan jika ingin membangun toko online canggih memakai WordPress.

1. Perencanaan Toko Online

perencanaanNah tahap pertama yang harus Anda lakukan, pastinya adalah merencanakan toko online. Perencanaan toko online ini amatlah penting kawan. Mula-mula, tentukan dulu :
  • Nama toko online kawan-kawan.
  • Alamat (nama domain) untuk toko online kawan-kawan, misalnya www.namatoko.com.
  • Di mana mau menyewa hostingnya? Hosting ini sangat kita perlukan untuk menyimpan file toko online, maka dari itu pilihlah layanan hosting yang benar-benar berkualitas. Tips memilih hosting bisa dibaca di sini.
  • Produk toko online kawan-kawan.
  • Target pasar toko online kawan-kawan, apakah targetnya ibu-ibu rumah tangga? remaja usia 16 sampai 21 tahun? orang kantoran? atau siapa?
  • Rancangan desain toko online, minimal kawan-kawan harus punya dulu gambaran seperti apa sih tampilan toko onlinenya nanti.

2.  Nama Domain dan Web Hosting

Setelah perencanaan toko online WordPress-nya selesai dilakukan, selanjutnya silakan lakukan order dan penyewaan nama domain dan hosting yang akan kawan-kawan pakai.
Untuk harga sewa domain .com biasanya sekitar lebih kurang 85 ribu Rupiah. Sementara untuk tarif hosting ini berbeda-beda, tergantung dari spesifikasi layanan hosting yang kawan-kawan gunakan.
Setelah nama domain dan hosting didapat, silakan segera hubungkan keduanya.

3. Instalasi WordPress

Hosting dan domain sudah dapat? Maka berikutnya adalah instalasi WordPress. Ibarat membuat sebuah mobil, maka di sini kita akan memasang mesin dari mobil tersebut.
Ada dua cara instalasi WordPress yang bisa Anda lakukan, yakni :
  • Dengan memanfaatkan fasilitas instalasi WordPress yang sudah ada pada CPanel hosting Anda. Cara ini lebih praktis dan simple.
  • Sementara cara kedua adalah dengan melakukan instalasi WordPressnya secara manual.
Pada semua hosting berbayar, fasilitas instalasi WordPress sudah tersedia di sana. Jadi sebaiknya Anda pakai layanan hosting berbayar.
Jika Anda melakukan instalasi WordPress secara manual, silakan download dulu WordPressnya di situs www.wordpress.org.

4. Theme Toko Online

Instalasi WordPress sudah? Maka mari kita persiapkan tampilan toko online kita. Hal pertama yang perlu Anda tentukan dalam menyiapkan tampilan toko online adalah theme.
Carilah theme yang cocok dan sesuai untuk desain toko online Anda. Jika toko online Anda adalah toko online untuk wanita, maka pilihlah theme yang didominasi oleh warna seperti pink, biru, hijau muda atau kuning.
Theme untuk toko online bisa kita dapat dari WordPress.org langsung, ataupun dari pihak ketiga di luar sana.
Berikut beberapa situs penyedia theme toko online untuk WordPress:
  • http://www.templatescraze.com/
  • http://woothemes.com.

5. Plugin Toko Online WordPress

plugin toko online WordPressTahap kelima adalah menginstal beberapa plugin penting untuk toko online WordPress Anda. Plugin-plugin ini diperlukan untuk mendukung kinerja optimal dari toko online Anda.
Berikut beberapa plugin yang perlu diinstal di toko online Anda.
  • Plugin sistem toko online WordPress, misalnya plugin WooCommerce, Wp-eCommerce, dan banyak lagi. Cukup pakai satu plugin sistem toko online saja, misalnya WooCommerce.
  • Plugin Contact Form 7, plugin ini sangat bagus untuk Anda manfaatkan guna membuat formulir kontak di toko online Anda.
  • Plugin Akismet, untuk mencegah memblok serangan spam di toko online Anda.
  • Plugin SEO untuk WordPress, seperti All in One SEO Pack, WordPress SEO by Yoast, dan berbagai plugin lainnya.
Untuk kreasi lainnya jelas Anda membutuhkan sejumlah plugin lainnya. Tergantung dari kreasi yang mau Anda buat. Tapi ke-4 plugin tadi amat penting untuk berada di toko online Anda.

6. Pengisian Toko Online

ilustrasi online storeSetelah kelima tahap di atas selesai dilakukan, maka tahap keenam adalah melakukan pengisian toko online WordPress Anda. Pengisian toko online ini meliputi :
  • pengisian produk toko online.
  • Pengisian halaman-halaman penting di toko online, seperti halaman cara berbelanja, halaman kontak, halaman profil toko online dan lainnya.
  • Pengisian sejumlah widget toko online seperti keranjang belanja, fasiltas kategori produk, fasilitas pencarian produk dan sebagainya.
Setelah toko onlinenya jadi, maka berikutnya tentulah toko online-nya harus mulai dikenalkan kepada orang-orang.
Nah kawan itulah 6 langkah sistematis untuk membangun toko online dari WordPress. Semoga bermanfaat untuk kawan-kawan ya. Semoga toko online kawan-kawan sukses selalu :) .
Jefferly Helianthusonfri (@JefferlyHelian)
Penulis dan pebisnis internet muda berusia 16 tahun.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © TRIK TOKO ONLINE -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -