Sudah Banyak yang sukses berkat Jejualan

Posted by : CABACA Sabtu, 29 Juni 2013


Sebelum Anda mendisain website untuk produk usaha Anda, hal-hal yang perlu Anda perhatikan adalah jenis produk yang akan Anda jual (Baca: Seluk Beluk Bisnis Online), dan cara mendisain produk Anda dengan menggunakan alat bantu server lokal (baca bagian ini dan contoh penerapannya Menjadi Konglomerat Melalui Dunia Maya). Jika Anda sudah memastikan segala sesuatunya berjalan dengan baik, saatnya Anda mendisain toko online dunia maya Anda dengan bantuan aplikasi Joomla


INTALASI JOOMLA! VERSI 1.0.15 
Toko Online Joomla

Setelah Anda mendownload Joomla sesuai versi yang diinginkan melalui situs resminya, dan hasilnya dapat di instal di PC/Laptop/Notebook Anda. Tahapan instalasi Joomla! Dapat diikuti seperti penjelasan dibawah ini. (Dicontohkan instalasi Joomla 1.0.15).



1. Download Joomla (Sesuai versi yang diinginkan), biasanya hasil download dalam bentuk Winrar Archive, kemudian extract hasil download Joomla! Tersebut.
2. Klik kanan pada START, klik Explore, pilih C:/Program File, klik xampp, pilih htdocs dan buat folder baru, beri nama misalnya rajasprei.( START→ Explore→ Program File→ xampp→ htdocs)
Maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini:
3. Setelah folder baru di buat, copy seluruh isi folder Jommla! 1.0.15 ke dalam folder “rajasprei” (lihat contoh gambar di bawah):
4. Hasinya akan tampak seperti gambar di bawah ini, di mana folder “rajasprei” telah berisi seluruh file yang telah di copy-paste kan dari folder Joomla! 1.0.15.
5. Buka Browser Anda, contoh menggunakan browser Mozilla Firefox, lalu ketikan localhost/rajasprei, dan tekan Enter
6. Setelah menekan “Enter”, secara otomatis akan membuka file index.php di folder rajasprei/installation (pre-installation check). Kemudian klik Next.
7. Anda akan masuk ke halaman license, Klik Next pada halaman license ini. Anda akan di bawa ke halaman step 1 MySQL database configuration.
8. Pada step 1 MySQL database configuration, isi formulir yang disediakan, sebagai berikut:
- Hostname: localhost
- MySQL User Name: root
- MySQL Password: kosongkan saja
- MySQL Database Name: isi nama database (misalnya: rajaspreidb)
- MySQL Table Prefix: kosongkan atau dapat diisi/diubah sesuai keinginan
- Setelah semua terisi, klik Next
 ­­
9. Setelah klik Next maka akan keluar pemberitahuan dan klik saja OK.
10. Di halaman selanjutnya (Step 2) pada Site name isikan  www. Rajasprei.com (nama dapat sesuaikan dengan nama situs Anda). Setelah itu klik Next

11. Akan masuk ke step 3. Di halaman ini lakukan pengaturan sebagai berikut:
- URL: Isikan http://localhost/rajasprei (Sesuaikan dengan nama website yang Anda inginkan)
- C:\Program Files\xampp\htdoch\rajasprei
- Your Email: masukkan email Anda
- Admin Pasword: Masukkan paswword Anda (digunakan untuk masuk ke halaman administrator (haarus disimpan/diingat)
- Setelah semua terisi klik Next
12. Klik View Site di step 4 untuk melihat halaman website yang telah Anda buat, terdapat Username dan Password yang telah dibuat sebelumnya.
Username dan password default digunakan untuk masuk/login ke Administrator Joomla! Milik Anda, untuk mengantisipasi lupa password/username, catat saja dan simpan baik-baik password Anda.
13. Selanjutnya, Anda diminta menghapus folder installation di dalam folder rajasprei.
Folder installation dihapus agar dapat mengakses situs yang telah di buat. Untuk menghapus folder installation, masuk kembali ke windows explorer dan hapus foldr istallation dari folder rajasprei (lihat gambar di bawah ini, tentang cara penghapusan folder installation di folder rajasprei.

Untuk melihat keberhasilan instalasi Joomla! Anda, buka kembali browser Anda, ketikan: http://localhost/rajasprei. Setelah itu tekan “Enter”. Jika berhasil maka website Anda akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini

 
Sampai tahap ini Anda telah berhasil menginstal Joomla! Bila Anda gagal, Anda dapat memulai seperti petunjuk diatas, mungkin ada langkah-langkah yang terlewatkan.
Tampilan Joomla! Masih secara default, untuk momodifikasi sesuai dengan keinginan kita, perlu di rubah/di atur sedemikian rupa agar sesuai dengan apa tujuan kita mendesing website. Pada contoh ini, tujuan kita membuat website untuk berjualan sprei secara online. Selanjutnya kita akan memulai untuk mengolah website yang telah kita instalasi. Untuk merubahnya atau mendesign lebih lanjut, kita akan melakukannya di bagian administrator.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © TRIK TOKO ONLINE -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -