Sudah Banyak yang sukses berkat Jejualan

Posted by : CABACA Selasa, 25 Juni 2013

Berjualan di situs jual beli online atau marketplace memang terbilang cukup mudah dibanding membuat situs dengan domain sendiri. Penjual hanya cukup memasukkan informasi tentang produk yang dijual lalu produk akan ditampilkan pada situs jual beli tersebut.
Banyaknya penjual yang membuka akun di sebuah e-commerce membuat seseorang perlu mendefinisikan dan mempublikasikan identitasnya sebagai penjual. Artinya, jika produk yang dijual betul-betul berkualitas bagus, produk tersebut diingat sebagai produk yang dijual oleh penjual A. Bukan penjual B. A dan B inilah yang disebut dengan identitas. Sesuatu yang membedakan antara diri sendiri dengan orang lain.
Ada beberapa hal yang dapat digunakan sebagai identitas penjual.
1. Nama toko online
Nama adalah alat pertama yang digunakan manusia untuk membedakan sesuatu dengan suatu lainnya, termasuk penjual dengan toko online-nya. Nama biasanya harus diisi oleh penjual saat registrasi akun di situs jual beli online. Oleh karena itu, penjual sebaiknya konsisten memasukkan nama ketika registrasi di beberapa situs jual beli online.
Selain itu, sebaiknya penjual menggunakan username yang sama persis dengan nama toko online. Misalnya, seorang pemilik toko baju online beralamat “Sandang123(dot)com”. Maka, sebaiknya ia menggunakan username “Sandang123” di setiap e-commerce yang ia masuki.
2. Foto produk
Selain nama toko, foto produk juga bisa dijadikan identitas. Ketika seorang pengunjung atau calon pembeli melihat suatu foto produk, ia bisa langsung mengetahui produk milik siapa itu. Identitas di foto produk bisa ditampilkan lewat watermark nama penjual atau nama toko di foto tersebut.
3. Cara berinteraksi dengan pembeli
Cara menyapa dan berinteraksi dengan pembeli juga bisa menjadi salah satu identitas yang dimiliki penjual. Panggilan umum yang biasanya diucapkan di situs jual beli online adalah “Sis”, “Gan”, dan “Om”. Penjual dapat menggunakan panggilan lain supaya beda daripada yang lain. Sehingga toko online-nya dapat diingat sebagai toko online yang unik.
4. Kualitas produk
Satu hal yang sangat powerful untuk dijadikan identitas selain nama toko online adalah kualitas produk yang dijual. Jika sebuah produk unik dan berkualitas tinggi (tidak ada yang menandingi), dapat dipastikan bahwa pembeli akan selalu mengingat toko online tersebut. Selain itu, toko online yang diingat karena kualitas produk serta pelayanan yang baik adalah salah satu indikator kesuksesan sebuah online shop. ***(psr)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © TRIK TOKO ONLINE -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -