Sudah Banyak yang sukses berkat Jejualan

Posted by : CABACA Selasa, 25 Juni 2013

Data dari Redwing menunjukkan bahwa sebanyak 20% orang Indonesia menggunakan ponsel pintar, 74% menggunakan ponsel fitur dan 6% menggunakan basic phones. Diperkirakan pengguna ponsel pintar akan terus bertumbuh dan mencapai 52% pada tahun 2017. Adapun survei Nielsen tahun 2011 menunjukkan sebanyak 48% pengguna internet di Indonesia mengakses internet dari perangkat mobile.
Data tersebut menunjukkan besarnya peluang untuk memasarkan produk atau jasa secara langsung melalui mobile. Berikut beberapa cara pemasaran langsung melalui perangkat mobile.

  1. SMS
    Meskipun kini layanan chat menjamur, tapi SMS masih bertahan. Lembaga riset Informa menunjukkan perkiraan data jumlah pesan yang dikirim lewat aplikasi chat mencapai 50 miliar pesan per hari dan 21 miliar pesan per hari melalui SMS.
    Contohnya, Planet Hollywood Resort di Las Vegas. Mereka menjalankan kampanye SMS dalam rangka menaikkan jumlah anggota A-List Players Club. Kampanye tersebut berhasil meningkatkan jumlah anggota hingga 13%.
    Sangat penting bagi pemasar untuk menyadari bahwa meskipun banyak platform messaging di luar sana, SMS bisa menjadi taktik pemasaran langsung yang sangat berguna di masa kini. Namun, sebaiknya penggunaan SMS untuk pesan promosi dan transaksi bernilai tinggi.
  2. Aplikasi Mobile
    Aplikasi mobile memberikan kemudahan dibandingkan mobile browser. Dengan aplikasi mobile, akses ke situs menjadi lebih cepat dan mudah dalam pengunduhan. Hasil survei Google menunjukkan bahwa 67% pengguna cenderung akan membeli produk atau layanan jika situs memberikan kemudahan.
    Bagi para pemasar, aplikasi mobile tak hanya mewakili peluang untuk meningkatkan brand awareness melalui iklan, tapi juga untuk mengumpulkan data bernilai tentang pelanggan untuk kepentingan komunikasi.
  3. Mobile usage in store
    Data econsultancy.com menunjukkan bahwa 60% pelanggan yang sedang berbelanja di gerai, di waktu yang sama mengakses internet melalui perangkat mobile-nya mencari informasi dan membandingkan harga dan barang dalam rangka mencari penawaran terbaik.
    Untuk itulah, sangat penting bagi pemilik gerai untuk mengoptimalkan situsnya agar mudah diakses melalui perangkat mobile. Data econsultancy.com mengatakan bahwa sebanyak 40% pengguna perangkat mobile beralih ke kompetitor gerai karena memiliki pengalaman buruk dengan akses mobile.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © TRIK TOKO ONLINE -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -