Sudah Banyak yang sukses berkat Jejualan

Posted by : CABACA Selasa, 25 Juni 2013


Promo atau penawaran spesial di toko online mampu menarik pengunjung dan meningkatkan penjualan. Cukup banyak pemilik toko online yang menggunakan promo sebagai salah satu agenda berdagang online.
Seorang pemilik toko online tentu tak bisa terus menerus melaksanakan agenda promo setiap saat. Kecuali, fokus atau tujuan utama dari menjalankan toko online bukan lagi mendapatkan keuntungan yang besar. Ada tujuh tips singkat dalam menjalankan promo bagi toko online.
  1. Buat pengumuman dengan banner
    Tak ada gunanya menyelenggarakan promo tapi tak ada pengunjung yang mengetahuinya. Oleh karena itu, pemilik toko online sebaiknya secara khusus membuat banner yang berisi pengumuman promo. Banner ini kemudian diletakkan pada homepage supaya terlihat oleh mata pengunjung.
  2. Buat kategori baru
    Selain menggunakan banner, penjual juga dapat membuat kategori produk baru. Ketika pengunjung menekan kategori baru ini (misalnya, kategori “PRODUK PROMO BULAN JUNI 2013), ia bisa melihat produk-produk yang sedang didiskon.
  3. Sisipkan di foto produk
    Pemilik toko online juga bisa memberi tahu pengunjung dengan menyisipkan label ‘promo’ atau ‘sale’ di dalam foto produk. Supaya, pengunjung tahu mana saja produk-produk yang mengalami penurunan harga.
  4. Kelola secara rutin
    Promo juga dapat dikelola secara rutin. Sebaiknya, hal ini memang dilakukan oleh pemilik toko online. Tujuannya, supaya pengunjung merasa senang berbelanja dan suatu hari kembali lagi membeli produk yang lain. Promo rutin yang dimaksud seperti promo yang diadakan saat hari besar, seperti Natal atau Lebaran.
  5. Arsipkan di blog
    Pengumuman diberlakukannya promo juga sebaiknya ditulis pada bagian blog (jika ada). Supaya, pengunjung bisa mengetahui dan menjelajahi promo-promo apa saja yang pernah dilakukan oleh penjual. Dengan begitu, kedekatan emosional antara pembeli dan toko online akan terbangun.
  6. Ajak kerja sama supplier
    Penjual sebaiknya mengagendakan rencana kerja sama dengan supplier supaya bisa mendapatkan harga murah untuk salah satu produk. Produk tersebut nantinya bisa digunakan sebagai alat promosi toko online. Misalnya, sebagai suvenir atau hadiah karena pengunjung telah melakukan pembelian dalam suatu nominal.
  7. Manfaatkan newsletter
    Beri tahu pelanggan bahwa penjual sedang mengadakan promo melalui newsletter yang bisa diakses jika pelanggan mendaftarkan emailnya. Atau, penjual hanya bisa memberikan kode kupon promosi jika pelanggan sudah mendaftarkan emailnya. Pelanggan akan mendapatkan kupon promosi dan penjual bisa memberikan informasi di kemudian hari tentang produk terbaru melalui newsletter tersebut kepada pelanggan dengan harapan mereka mau melakukan transaksi kembali di toko online tersebut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © TRIK TOKO ONLINE -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -